Musim Pancaroba juga musim Ular Kobra




Kawasan Jabodetabek peralihan musim ini ramai dengan kehadiran ular kobra di pemukiman. Pfuff, ular, bukan sesuatu yang menyenangkan untuk ditemui. Suka salut dengan orang-orang yang bernyali dan memelihara ular. Saya mah, jauh jauh aja dech dari yang namanya ular.

Menarik membaca harian kompas mengulasnya beberapa waktu lalu, berikur saya buat ringkasannya. 

Tentang Ular Kobra

Amir Hamidy, peneliti herpetologi pusat penelitian LIPI mengatakan bahwa spesies ular kobra jawa memiliki daya adaptasi bagus pada lingkungan. Uoar Kobra dapat hidup di persawahan, tegalan dan permukiman. Dan kobra sendiri dapat beraktivitas baik malam dan siang hari. 

Ular Kobra dapat bereproduksi pada usia1,5 -2 tahun dengan periode hidup 20-25 tahun. Kobra dapat bertelur hingga 10-20 butir pertahunnya, awal musim hujan meruoakan saat ular kobra menetaskan telurnya.

Biasanya ular kobra dewasa meletakkan telurnya ditempat lembab dan gelap, sekitar pekarangan atau rumah. Ditinggal pergi dan akan menetas 3-4 bulan kemudian. 

Saat ini banyak temuan anakan ular kobra, tetapi kasus terpatuk ular kobra sangat jarang. 

Lain hal lagi yang diutarakan komunitas TABU (Tamana Belajar Ular) Igor salah satu anggotanya berkata, "kobra kalau ketemu manusia tidak akan tiba-tiba mengigit, biasanya kobra akan bereaksi ketika terinjak, ada provokasi atau diusir. Makanya jika bertemu ular lebih baik diam saja sampai ular menyingkir." Ini berlaku untuk ular kobra umum ya, ga berlaku kalau ular kobra nya tergolong bandel atau diluar kebiasaan kibra lainnya. 

Rumah Sakit Yang Menerima Gigitan Ular.

Untuk penanganan gigitan ular kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyatakan bahwa pihaknya  sudah siap menangani pasien yang terkena gigitan.

Untuk kawasan Jakarta Pusat.
RSUP Cipto Mangunkusumo, RSPAD Gatot Subroto, RSUD Tarakan dan RS Islam Cempaka Putih.

Untuk Kawasan Jakarta Utara.
RSPI Sulianti Saroso dan RS Pantai Indah Kapuk.

Untuk kawasan Jakarta Barat.
RSUD Cengkareng, RS Mitra Keluarga Kalideres.

Untuk kawasan Jakarta Selatan.
RSUP Fatmawati, RSUD Pasar Minggu, RSUD Jati Padang dan RS Suyoto. 

Untuk kawasan Jakarta Timur. 
RSUP Persahabatan, RS Haji, RSU Adhyaksa.

Semoga kita semua dijauhkan daru perjumoaan dengan ular Kobra dan teman-temannya. Amin.

Komentar